Kabupaten Pesisir Barat

Kabupaten Pesisir Barat - Keturunan dan sejarah Krui Kabupaten Pesisir Barat pada masa lalu dan saat ini. Masa kini Kabupaten Pesisir Barat merupakan sebuah Kabupaten termuda yang ada di Provinsi Lampung. Pesisir Barat merupakan hasil pemekaran Kabupaten Lampung Barat, yang telah disahkan pada tanggal 25 Oktober 2012. Kabupaten Pesisir Barat terdiri dari 11 kecamatan yaitu :

  1. Kecamatan Bengkunat
  2. Kecamatan Bengkunat Belimbing
  3. Kecamatan Ngambur
  4. Kecamatan Pesisir Selatan
  5. Kecamatan Krui Selatan
  6. Kecamatan Pesisir Tengah
  7. Kecamatan Way Krui
  8. Kecamatan Karya Penggawa
  9. Kecamatan Pesisir Utara
  10. Kecamatan Lemong
  11. Kecamatan Pulau Pisang

Kota Krui
Kota Krui dilihat dari udara

Krui terletak di Pesisir Barat Provinsi Lampung, di masa penjajahan Krui merupakan salah satu daerah Afdeeling dibawah resident Bengkulu. Krui sudah sejak zaman dahulu telah memiliki pelabuhan yang ramai banyak kapal-kapal besar dari berbagai daerah datang ke pelabuhan itu, pelabuhan itu terletak di muara Way Krui di pekon Pedada - Penggawa Lima.
Kabupaten Pesisir Barat merupakan daerah agraris dengan ditunjukkannya mata pencarian pokok masyarakat Krui yaitu pada sector pertanian dan perkebunan.
Secara geografiis wilayah kabupaten ini berbatasan langsung dengan ;
·         Sebelah utara berbatasan dengan kabupaten Kaur Selatan Provinsi Bengkulu.
·         Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Lampung Barat.
·         Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Tanggamus.
·         Sebelah Barat berbatasan dengan Samudra Hindia.
Kabupaten Pesisir Barat merupakan jalan lintas menuju ke Provinsi Bengkulu yang melewati lintas Barat Sumatra (Asean Road), sehingga dapat dibilang Kabupaten yang memiliki posisi strategis dan didukung dengan potensi Wilayah yang melimpah akan kekayaan alam serta hasil buminya. Kab. Pss. Barat memiliki luas Wilayah 2.346,07 km2 dan mempunyai jumlah penduduk sebesar 163.321 jiwa. Secara administrasi Kab. Pss. Barat terbentuk berdasarkan UU NO. 22 Tahun 2012.
Kondisi dan potensi dapat ditinjau dari kondisi Wilayah Kabupaten Pesisir Barat dari letak Geografis (letak Astronomis) yaitu, Geografis (letak Astronomis) Kabupaten Pesisir Barat memiliki letak Astronomis : 521’52’’-528’62’’ LS dan : 10548’20’’-10548’24’’ BT
Secara Topografi Kab. Pss. Barat dibagi menjadi 4 unit Topografi. Kabupaten Pesisir Barat termasuk ke dalam dataran rendah yang diapit oleh pegunungan Bukit Barisan sebelah Timur dan samudra Indonesia sebelah Barat, daerah ini memiliki dataran tinggi dengan ketinggian 15 m diatas permukaan laut (DPL) dengan bentuk Wilayah terdiri dari dataran sampai berombak 25%, berombak sampai ke bukit 10%, bukit sampai gunung 65%. Di daerah dataran pantai banyak sawah yang di cetak sedangkan di dataran tinggi atau perbukitan banyak ditanami pohon damar. Dalam sector pertanian, Kab. Pss. Barat mempunyai lahan pertanian yang telah dimamfaatkan untuk lahan sawah seluas 32.407 hektar, dan yang belum dimamfaatkan seluas 2.863 hektar. Disini telah mempunyai komoditas padi unggulan yaitu Padi Amapaim, Padi Komojoyo, Padi Sawah Beling, dan Padi Silamaya yang menghasilan padi yang melimpah dan berkualitas. Semakin banyaknya kebutuhan masyarakat yang terus meningkat membuat sector pertanian memiliki daya tarik yang kuat dalam ekonomi bisnis.
Kota Krui Pesisir Barat
Kota Krui Pesisir Barat
Potensi laut, yang hingga saat ini belum dikelola secara maksimal dan masih mengandalkan nelayan tradisional. Potensi pertambangan dan energy, potensi minyak bumi yang ada di Kabupaten Pesisir Barat ini memiliki bahan tambang mineral minyak bumi oleh Dirjen Energi Sumber Daya (ESDM) pengelolanya masih dalam tahap penelitian. Di Wilayah ini juga memiliki tambang mineral logam dan non logam berupa Batu Hitam dan Batu Belah. Di sector perternakan merupakan akomoditas yang sangat propektif untuk dikembangkan.  Ada beberapa hewan ternak yang sedang dalam proses perkembangbiakan adalah Kerbau, Sapi, Kambing, Ayam, Itik dan Buras yang terjamin kualitas daging maupun telurnya. Potensi wisata yang ada di Wilayah ini yaitu pantai yang sangat indah serta ombaknya yang membuat para wisatawan terpesona, banyak wisatawan lokal maupun manca Negara yang datang untung bermain selancar. wisata pantai krui sudah terkenal sampai ke manca Negara.
Krui Pesisir Barat sangat dikenal akan keindahan pantainya, silahkan baca postingan mengenai Pantai Indah Krui.




0 Response to "Kabupaten Pesisir Barat"

Posting Komentar