Krui Lampung Barat

Krui Lampung Barat - Krui merupakan ibu kota, krui juga terletak di daerah pesisir. Krui terkenal dengan potensi parawisatanya terutama wisata pantai karena krui sebagai daerah pesisir. Banyak para pengujung yang datang ke wilayah ini untuk bermain selancar pengunjung wisatanya pun sudah dari berbagai kota sampai ke mancanegara. Setiap tahun terus meningkatnya pengunjung yang datang ke wilayah ini, karena semakin banyak yang mempromosikan, dari dalam negeri sampai ke luar negeri, baik dengan menggunakan media cetak maupun media elektronik. Dengan semakin banyak wisatawan yang datang, kota ini membuka lapangan terbang seray untuk dijadikan sebagai alat trasportasi cepat menuju kota krui. Harapannya dengan dibukanya lapangan terbang seray ini, bisa meningkatkan industri wisata yang mendunia dan bisa menjadi industri yang di andalkan kota krui.

Pantai Indah Krui
Pantai Indah Krui
Kota Krui dilihat Dari Udara
Kota Krui dilihat Dari Udara

Krui selain terkenal dengan tempat-tempat wisatanya, di krui juga terkenal dengan hasil buminya seperti Damar, Cengkeh, dan Lada yang sangat melimpah. Sumber penghasilan masyarakat disana kebanyakan dari mereka berpropesi sebagai pedagang, nelayan, petani, dan berkebun. Mayoritas masyarakat yang tinggal di pasar krui rata-rata bermata pencarian sebagai pedagang. Karena masyarakat yang tinggal di pasar krui bukan merupakan masyarakan asli krui tetapi sudah banyak pendatang dari berbagai daerah yang mencari penghasilan di sana dengan berdagang. Ada di beberapa daerah yang penduduknya merupakan masyarakat asli krui, yaitu dari daerah Pedada, Bandar, La’ay, Way Sindi, Ulok, Sampai ke Punggung, yang menurut sejarah adalah keturunan dari Suku Tumi (Suku Asli Lampung). Kerajaan Sekala Berak yang telah dikalahkan oleh putra Pagar Uyung, hal itu menjadi awal mula penyebaran keturunan suku Lampung. Kemudian suku tumi yang lari saat sekala berak terkalahkan oleh putra pagar uyung, suku tumi juga dikalahkan oleh Lima Ralang Pantang yang datang dari daerah Danau Ranau, setelah itu mereka hidup menetap disana dan menamakan daerah itu Penggawa Lima.

Sejak diserahkannya Daerah Otonomi Baru (DOB), Krui telah menjadi Kabupaten sendiri dan memisahkan diri dari lampung barat yang diberi nama Kabupaten Pesisir Barat, pada Bulan April 2013 oleh pemerintah pusat. Kecamatan Kabupaten Pesisir Barat, adalah Kecamatan Bengkunat Belimbing. Luas Wilayah Kabupaten Pesisir Barat yaitu 2.346,07 km2 serta memiliki jumlah penduduk terbesar 163.321 jiwa. Tempat wisata pantai di jadikan potensi andalan Kabupaten pesisir barat, setiap tahunnya banyak turis yang datang ke krui angkanya bisa mencapai ratusan bahkan ribuan turis. Selain pantai krui juga memiliki pulau-pulau yang sangat indah di antaranya Pulau Pisang dan Pulau Betuah. Jalur akses menuju krui yang dapat dilalui yaitu bisa dari darat, laut, maupun dari udaha. Di krui sudah ada Bandara serai, pelabuhan Kuala Setabas, dan juga ada jalan Nasional yaitu Lintas Barat yang melewati seluruh wilayah krui yang terletak pada garis pantai sepanjang 2000 km lebih. Hasil bumi dan hutan yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi yang sudah diakui pasar Internasional yang berasal dari krui yaitu berupa getah damar berkualitas tinggi seperti damar mata kucing. Hasil bumi lainya yang tidak kalah menariknya yaitu kopi dan beras, daerah punggung yang terkenal dengan penghasil kopi terbaik serta Kecamatan Pesisir Barat yang merupakan sector petani yang memiliki ribuan hectare sawah dengan menggunakan sistem pengairan irigasi. Dengan perencanaan dan pembanguna serta pengelolaan yang benar dan terukur, segala potensi yang ada di krui bisa menjadikan Kabupaten Pesisir Barat akan lebih cepat berkembang dan maju.

0 Response to "Krui Lampung Barat"

Posting Komentar